ASYIKNYA FIELD TRIP KE SANGGALURI

ASYIKNYA FIELD TRIP KE SANGGALURI

Senin, 5 Desember 2022 pagi yang cerah sinar mentari tersenyum menyambut hari penuh semangat. Deru suara mobil berlalu lalang memadati jalan di sekitar Al-Irsyad. Jam menunjukkan pukul 06.00 WIB, tampak berbondong-bondong orang tua dan anak didik KB dan TK Al Irsyad 01 Cilacap menuju bis yang berjajar di halaman UNAIC. Sebanyak 7 Bis besar siap mengantarkan anak didik dan orang tua menuju tempat wisata. Yuuuuupsszz hari ini adalah hari yang sudah di nanti anak-anak untuk kegiatan Field Trip dan Outbond bersama orang tua di Sanggaluri Purbalingga. Ketika semua rombongan sudah lengkap, anak duduk bersama orang tua masing-masing, pukul 07.20 WIB kami berangkat dari UNAIC, riuh riang gembira anak-anak saat bis mulai berjalan. “Horeeee bisnya berangakat” seru anak-anak. Perjalanan di awali dengan doa yang di pandu oleh ustadzah tiap masing-masing rombongan. Dalam perjalanan agar tidak bosan anak-anak di ajak bernyanyi, tebak-tebakan, bahkan banyak orang tua yang menyumbangkan beberapa lagu di dalam bis. Detik demi detik berlalu akhirnya kita sampai di Sanggaluri, anak-anak dan orang tua menyiapkan tiket masuk yang sudah di bagi. Kami di pandu oleh tim dari Sanggaluri untuk outbond. Kelompok Bermain dan Kelompok A out bond bersama orang tua dan kelompok B bermain Flying Fox, kemudian bergantian.

Kegiatan Outbond kali ini di isi dengan beberapa kegiatan kekompakan tiap-tiap kelompok. Dengan arahan dari tim semua anak berbaris secara berkelompok. Ketika tim mengucapkan kata “maju” anak-anak harus melompat maju. Perintahknya adalah “maju” “mundur” “kanan” “kiri”, anak-anak harus kompak dan konsentrasi. Selanjutnya permainan bersama orang tua yaitu membuat saluran air, dimana oran tua harus membuat saluran air dari solasi dan anak bergantian mengisi air menggunakan busa secara estafet. Orang tua harus memastikan air bisa mengalir sampai tujuan dan jangan sampai banyak air yang  tumpah. Kemudian di lanjutkan dengan kegiatan “Lebih dekat dengan anak” di mana orang tua tua dan anak saling mengungkapkan perasaannya. Wahhh acara ini membuat terharu, banyak orang tua dan anakyang menangis  terharu. Mereka saling minta maaf, saling  peluk, saling  gendong, so sweet sekali…..

Flying Fox, kegiatan ini menguji keberanian anak-anak. Mereka satu per satu antri menaiki tangga,memakai peralatan yang safety dan bersiap meluncur di tali yang di sediakan. Ada anak yang pada awalnya tidak mau dan tidak berani, setelah dibujuk dan mencoba, mereka kepingin lagi. Kali ini anak-anak hebat dan berani mencoba, good job kids…..

Kegiatan berikutnya adalah memandikan kerbau di sungai, anak-anak di minta melepas sepatu dan bersiap turun ke sungai. Di sana sudah ada kerbau yang siap di mandikan. Anak-anak begitu antusias bermain air memandikan kerbau, bahkan banyak di antara mereka yang berani naik di punggung kerbau. Setelah selesai memandikan kerbau, anak-anak di ajak untuk menangkap ikan di kolam yang sudah disediakan,mereka beramai-ramai mengejar  ikan dan berusaha menangkapnya. Anak-anak lincah dan begitu pandai menangkap ikan, ada yang berhasil menangkap satu, dua bahkan tiga ikan. "Ussst, lihat ini ikannya sudah capek ust" seru seorang anak sambil memainkan ikan yang sudah ia tangkap. Waktu sudah menujukkan pukul 12.30 WIB saatnya kegiatan usai, di lanjutkan dengan mandi dan ishoma. Pukul 14.00 WIB kami bersiap untuk pulang ke kota tercinta Cilacap.

Hari ini anak-anak sudah bermain dan belajar tentang banyak hal, mulai dari kendaaran, binatang, dan segala sesuatu tentang wisata. Banyak pengalaman yang di peroleh. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan kesan yang mendalam untuk anak-anak dan orang tua. Terimaksih anak-anakku atas kerjasama dan kekompakannya. KB dan TK Islam Al Irsyad 01 memang hebat.