JUARA I LOMBA KARNAVAL ANAK USIA DINI SE EKSKOTIP CILACAP

JUARA I LOMBA KARNAVAL ANAK USIA DINI SE EKSKOTIP CILACAP

Rabu, 30 Agustus 2023. KB dan TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap ikut memeriahkan pawai karnaval se eksotip Cilacap yang di laksanakan di alun-alun Cilacap. Karnaval kali ini begitu meriah dan semarak karena setelah kurang lebih 3 tahun tidak melaksakan karnaval di karenakan adanya pandemi Covid. Karnaval di ikuti kurang lebih 3000 anak usia dini dari 120 PAUD/TK di Cilacap Selatan, Cilacap Tengah dan Cilacap Utara. 
Euforia dari masyarakat juga sangat luar biasa saat menyaksikan karnaval anak usia dini, mereka berbondong-bondong di sepanjang jalan A.Yani. 

Dalam karnaval kali ini TK ISLAM AL IRSYAD 01 mengambil tema Bhineka Tunggal Ika. Di mana barisan depan merupakan maskot dengan nuansa kostum dari berbagai adat. Barisan selanjutnya merupakan kelompok B1 B2 yang membawakan ada Bali. Tidak hanya kostum yang di tampilkan namun ada berbagai ornamen Bali yang di suguhkan seperti tiruan burung jalak, sate lilit, payung Bali dan lain-lain. Barisan selanjutnya adalah kelompok B3 B4 yang mengusung tema Betawi. Selain kostum adat Betawi, ada juga roti buaya, ondel-ondel, payung Betawi serta pantun-pantun jenaka yang merupakan ciri khas Betawi. 
Berikutnya adalah kelompok B5 B6 dari adat Sulawesi yang begitu megah dengan memakai kostum tiruan burung Julang, Kapal Pinisi dan rumah adat Tongkonan. Anak-anak juga memakai kostum burung Julang yang sangat lucu dan imut. 
Selanjutnya di ikuti kelompok A1 yang membawakan adat Papua dengan kostum uniknya. Lalu di ikuti kelompok A2 dengan adat Jawa, anak-anak memakai kostum khas Jawa, ada juga yang memakai kostum tokoh pewayangan. Selanjutnya adalah kelompok A3 yang memakai kostum Kalimantan. Satu maskot Kalimantan yang megah memimpin barisan dari kelompok A3. Di barisan terakhir ada kelompok Bermain yang memakai adat Sumatra, adik-adik KB begitu lucu dan imut saat memakai kostum adat Sumatra.

Karnaval ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah air sejak usia dini. Selain itu juga dapat membentuk generasi yang kuat, tangguh untuk memajukan Indonesia.

Alhamdulillah TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap memperoleh juara 1 dalam karnaval tahun ini.  TK Islam Al Irsyad  01 jaya jaya jaya