TILIK KISIK PANTAI TELUK PENYU

TILIK KISIK PANTAI TELUK PENYU

Indonesia merupakan negara maritim yang mana 70 persen luas wilayah Indonesia merupakan perairan dan 30 persen merupakan daratan. Sehingga Indonesia kaya akan hasil laut seperti ikan, cumi-cumi, udang, rumput laut, dan kepiting. Cilacap merupakan salah satu daerah di pesisir pantai selatan, yang berdekatan dengan pantai. Kebetulan minggu ini KB&TK Islam Al-Irsyad 01 Cilacap sedang membahas sub tema Lautku Cilacap. Di pagi yang sangat cerah dan mentari  mulai menampakkan sinarnya, anak-anak nampak begitu semangat berangkat ke sekolah dengan senyum sumringahnya, karena mereka mengetahui bahwa pagi ini ada kegitan "Tilik Kisik" ke Pantai Teluk Penyu dengan mengendarai Kereta Mini. Waktu menunjukkan pukul 08.00 WIB, Kereta Mini sudah stand by di depan TK, "Usssss, lihat keretanya sudah datang..." kata salah satu anak. "Yeeee...asyik kita mau berngakat" timpal teman yang lain. Kali ini di awali kelompok bermain dan kelompok A yang berangkat naik Kereta Mini. Setelah kelompok A dan KB selesai di lanjutkan dengan kelompok B.

Anak-anak mulai berdoa naik kendaraan, dan satu per satu mereka antri dengan tertib menaiki tangga kereta. Di sepanjang perjalanan menuju Pantai Teluk Penyu anak-anak bercerita tentang pengalamannya bermain di pantai bersama ayah bundanya. "Subhanallah" kata yang terucap dari salah satu anak saat melihat betapa luasnya laut Cilacap. Teman-teman yang lain pun juga mengucap "Subhanallah" karena takjub akan Ciptaan Allah SWT. Sesekali beberapa anak bertanya "us itu apa us?" sambil menunjuk ke sebuah hiasan roncean dari kerang. Ada pula yang menimpali "aku punya kayak gitu di rumah. Anak-anak di ajak mengenal aneka ragam kegitan masyarakat di sekitar pantai seperti: nelayan yang sedang memperbaiki jaring, nelayan bersiap berlayar dengan perahu, pedagang yang sedang menyiapkan barang dagangannya dan hasil laut Cilacap seperti:  ikan asin, hiasan dinding dari kerang, pigura, dan pakaian. Setelah sampai di pantai anak-anak diajak untuk turun sebentar memandang laut yang luas, ombak yang bergulung, mercusuar di tengah pantai, track dump pemecah ombak, dan kapal yang tamppak kecil di tengah laut.

Setelah kegiatan di pantai selesai anak-anak di ajak berkeliling sebentar di Benteng Pendem yang merupakan tempat peninggalan bersejarah yang ada di seberang Pantai Teluk Penyu. Dalam kegiatan ini anak-anak belajar banyak hal mulai besyukur kepada Allah SWT, bangga akan daerah sendiri, serta mengenal kegiatan dan hasil dari masyarakat pesisir