TK ISLAM AL IRSYAD 01 CILACAP PERAGAAN MANASIK HAJI DI ALUN-ALUN CILACAP

TK ISLAM AL IRSYAD 01 CILACAP PERAGAAN MANASIK HAJI DI ALUN-ALUN CILACAP

Pagi ini alun-alun Cilacap dipenuhi olah ratusan anak usia dini dari kurang lebih 100 TK/PAUD di Cilacap untuk mengikuti kegiatan peragaan manasik haji yang di selenggarakan oleh BMOWI. Anak didik TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap juga merupakan salah satu peserta dalam kegiatan manasik haji tersebut. Senyum sumringah terlihat saat anak-anak datang ke alun-alun dengan memakai kain ihram bagi anak laki-laki serta baju putih-putih untuk anak perempuan dengan di lengkapi tas manasik serta botol minum yang akan di gunakan untuk peragaan minum air zam-zam. Acara di buka sekitar pukul 07.00 WIB. Dilanjutkan dengan pembacaan surat Al Adiyat oleh ananda Fawwaz yang merupakan anak didik TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap. 
Setelah membaca niat haji, anak-anak mulai melafalkan kalimat talbiyah dan mengikuti serangkaian haji seperti lempar jumroh, tawaf, sai, tahalul.
Kegiatan manasik haji memiliki beberapa manfaat untuk anak usia dini diantaranya:
1. Aspek agama, Mengenalkan rukun Islam yang kelima yaitu Haji bagi yang mampu, selain itu juga menumbuhkan nilai-nilai keagamaan melalui praktek langsung.
2. Aspek sosial emosional, mengajarkan kedisiplinan terhadap rangkaian kegiatan, serta melatih kesabaran.
3. Aspek fisik motorik, pelatihan kebugaran dengan berjalan dan berlari-lari kecil.
4. Aspek kognitif, anak dapat menghitung kerikil kecil untuk melempar jumroh, memahami bentuk bangunan seperti Ka'bah, ula, wustho, aqobah. Selain itu anak juga dapat mengingat lafal bacaan manasik, mulai niat, talbiyah, bacaan tawaf, doa kedua orang tua, doa minum air zam-zam dan lain sebagainya.

Semoga kita sebagai orang tua dan pendidik selalu menanamkan nilai-nilai agama kepada anak agar mereka selalu menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim.